Pages

Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Ads 468x60px

Search This Blog

Featured Posts

Minggu, 24 Februari 2013

Kapal Pesiar Hantu Gentayangan di Lautan

Newfoundland - Sebuah kapal pesiar tua diketahui bergentayangan di tengah lautan, tanpa nakhoda, tanpa penumpang. Banyak pihak mencari keberadaannya, hingga akhirnya pemerintah Irlandia melaporkan kapal 'hantu' terdeteksi dekat pantai mereka.

MV Lyubov Orlova adalah kapal pesiar yang kecil kalau dibandingkan kapal pesiar sejenis, panjangnya hanya 100 meter. Kapal buatan Yugoslavia ini dulunya berfungsi untuk mengangkut wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Kutub Utara oleh Cruise North Expeditions. Karena sengketa hukum dengan pemilik kapal asal Rusia, kapal ini pun disita oleh pihak berwenang Kanada di Pelabuhan St John, Newfoundland pada September 2010.

3 Tahun kemudian pada 23 Januari, kapal yang terabaikan ini dijual ke penampung kapal di Republik Dominika untuk dijual sebagai besi tua. Seperti dilansir National Post, Sabtu (23/2/2013) terjadi hal di luar dugaan. Kapal roro yang menarik MV Lyubov Orlova, putus kabel penariknya.

Kapal pesiar ini lantas terseret ke tengah lautan. Pihak otoritas Kanada memerintahkan sejumlah kapal untuk mengejar kapal pesiar ini agar tidak menabrak kilang minyak lepas pantai.

MV Lyubov Orlova bisa ditarik menjauh dari kilang minyak. Namun, saat berada di tengah laut internasional di utara Samudera Atlantik, anehnya kapal ini lagi-lagi lepas kabelnya.

Kementerian Perhubungan Kanada sampai mengeluarkan pernyataan kalau kapan ini tidak akan balik lagi ke perairan Kanada. Kapal ini dibiarkan gentayangan tak tentu arah di lautan. Pemerintah Kanada sepertinya tidak mau ambil pusing lagi dengan kapal pesiar 'hantu' ini.

Bayangkan, sampai badan intelejen maritim AS, National Geospatial-Intelligence Agency ikut mencari lewat satelit, kemana kapal ini berkeliaran. Rupanya MV Lyubov Orlova 'berlayar' sendiri ke Eropa. Hiii!

Pihak pejabat maritim di beberapa negara Eropa pun pasang kuda-kuda. Siapa tahu kapal pesiar 'hantu' ini mampir ke wilayah perairan mereka. 3 Minggu setelah kapal ini menghilang di lautan, pemerintah Irlandia mendeteksi keberadaan kapal ini.

"Kalau kapal ini masuk ke perairan Irlandia, kami akan mengambil prosedur untuk mengamankan kapal ini," kata jubir Kementerian Perhubungan Irlandia, Caroline Ryan kepada National Post.

MV Lyubov Orlova terpantau berada 2.400 km lepas pantai Galway, Irlandia. Pasukan Irish Coast Guard bersiaga agar kapal ini jangan sampai mengganggu lalu lintas kapal di Irlandia.

Semua pihak yakin, tidak ada manusia di atas kapal ini. Kapal ini hanya dihuni oleh tikus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar