Pages

Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Ads 468x60px

Search This Blog

Featured Posts

Selasa, 13 Maret 2012

Liga Arab meminta ada penyelidikan netral terhadap Suriah

Korban luka akibat kekerasan di Suriah kebanyakan adalah anak-anak dan perempuan.

Liga Arab meminta sebuah penyelidikan internasional yang netral atas kejahatan yang dilakukan pemerintah Suriah saat meredam demo.

Ketua Liga Arab Nabil al-Arabi mengatakan eliminasi mengerikan terhadap seluruh keluarga bisa digambarkan sebagai kejahatan atas kemanusiaan.

PBB memperkirakan sekitar 8.000 orang meninggal dalam kekerasan selama setahun.

Pegiat HAM menyatakan rezim Bashar al-Assad sekarang memasang ranjau darat di sepanjang perbatasan.

Mereka mendesak Suriah untuk segera mencabut ranjau, dengan menyatakannya sebagai senjata militer yang tak efektif yang hanya akan membunuh dan melukai warga sipil selama bertahun-tahun mendatang.

Wartawan BBC Jonathan Head di Hatay, Turki dekat perbatasan Suriah melaporkan bahwa dia melihat sejumlah pengungsi tiba dengan kondisi kehilangan anggota badan akibat terkena ranjau.

Di kamp pengungsian Hatay, yang didirikan oleh Sabit Merah Turki, menerima 200 pengungsi setiap hari, dengan membawa cerita yang memilukan atas pelarian mereka.

Militer Suriah dilaporkan telah mengepung kota Idlib, tidak jauh dari perbatasan, selama tiga hari.

Dalam perkembangan lain:

Komite kordinasi lokal, sebuah payung kelompok aktivis oposisi mengatakan 46 tewas Selasa kemarin, kebanyakan berasal dari Homs dan Idlib. Diplomat mengatakan pemerintah Suriah telah merespon usulan yang diajukan utusan khusus PBB Kofi Annan, tetapi tidak menjelaskan secara detil jawaban Suriah. Presiden Bashar al-Assad menentukan tanggal 7 Mei sebagai hari pemilihan umum parlemen, sebuah kebijakan yang dianggap AS sebagai menggelikan.

Permohonan keadilan
Pasukan rezim Assad meningkatkan serangan di kantong-kantong pemberontak dalam dua bulan terakhir.

Mereka menyerang sebuah serangan darat di distrik Baba Amr kota Homs bulan lalu, setelah selama sepekan mengurungnya.

Dan laporan terbaru menyebutkan kota lainnya, terutama di provinsi Idlib, sekarang menjadi sasaran serangan.

Pegiat HAM menyebut serangan dilakukan di daerah sipil, dan menewaskan banyak anak-anak dan perempuan.

"Harus ada sebuah penyelidikan internasional yang netral untuk mengungkap kebenaran atas apa yang terjadi dan mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab atas kejahatan tersebut dan membawanya ke pengadilan, demikian pernyataan Ketua Liga Arab Nabil al-Arabi seperti yang dilaporkan kantor berita Mesir, Mena.

"Tindakan pembunuhan dan eliminasi yang mengerikan terhadap seluruh anggota keluarga termasuk perempuan, anak-anak dan orang tua bisa dinyatakan sebagai kejahatan atas kemanusiaan, tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar