Pages

Subscribe:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Ads 468x60px

Search This Blog

Featured Posts

Jumat, 25 Januari 2013

Warga Penerima Dana PKH Terus Berkurang

SRIPOKU.COM PANGKALAN BALAI-Masyarakat miskin penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Banyuasin terus mengalami penurunan sepanjang tahun 2012. Jumlah ini diperkirakan semakin berkurang pada tahun 2013 mendatang.

Kondisi ini mengindikasikan jika program pengentasan kemiskinan yang terus dilakukan Pemkab Banyuasin berjalan dengan baik.

Data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banyuasin, selama empat tahapan pencairan PKH di Kabupaten Banyuasin, Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sebagai penerima terus mengalami penurunan.

Kasi Bantuan dan Jaminan Sosial. Dinsos Banyuasin, M Riduan SPd mengatakan, di tahap pertama pencairan tahun 2012 lalu terdapat 8.951 RTSM yang menerima PKH ini, lalu berkurang 8.880 RTSM di tahap kedua, 8.712 RTSM di tahap ketiga, dan terakhir terdapat 8.705 RTSM yang menerima program dari pemerintah pusat.

“Dari data yang kami kumpulkan, setiap tahapan pencairan, terdapat pengurangan jumlah RTSM yang menerima dana PKH ini. Jumlahnya berubah dalam interval 3 bulan sesuai pencairannya, dan turun dari tahapan ke tahapan itu, sekitar 80-100 RTSM,” kata Riduan, Jumat (25/1/2013).

Dikatakannya, perubahan RTSM penerima dana PKH tersebut, berdasarkan hasil pendataan petugas PKH yang ada di masing-masing kecamatan. “Setiap tahapan itu, dilakukan verifikasi penerima dana ini, apakah masih layak mendapatkannya atau tidak,” ucap Riduan.
Hanya saja, jika melihat dari akhir tahapan, jumlah RTSM di Kabupaten Banyuasin tetap meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang mencapai 7.985 RTSM.

“Secara keseluruhan, RTSM tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 7985 RTSM, tahun ini ditahapan keempat, menyentuh titik 8.705 RTSM,” bebernya.
Sementara, untuk tahun 2013 mendatang, jumlah RTSM yang menerima dana PKH ini diprediksi akan kembali mengalami penurunan. “Kemungkinan, bulan Maret 2013 mendatang, sudah kelihatan jumlah RTSM yang menerima PKH Tahun 2013 ini, karena saat ini, tim verifikasi PKH tiap Kecamatan masih melakukan pendataan,” bebernya.

Sementara, Kadinsos Banyuasin Indra Hadi menambahkan, jika penerima PKH merupakan masyarakat yang masuk dalam kategori RTSM, dimana kepala rumah tangga yang menerima adalah perempuan yang memiliki balita dan anak sekolah.

“Program ini bertujuan membantu rumah tangga miskin yang mengalami beban perekonimian sangat tinggi. Seperti, seorang istri yang kehilangan suami, namun harus mengurus sekolah anak-anaknya, mengurus balita, hingga urusan ekonomi keluarga, sehingga layak mendapatkan bantuan dari pusat ini,” tandasnya.

Penulis : Saifudin Zuhri
Editor : Hendra Kusuma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar